Friday, July 15, 2016

Singapura Dalam Rasa


Siapa yang ga pernah ke Singapur? Sepertinya sepertiga penduduk Indonesia pernah ke negara mungil ini hehehe… Saya sendiri sudah tiga kali ke negara dalam kota ini. Yap! Saya akan membahas mengenai Singapura namun kali ini bukan mengenai tempat wisatanya melainkan mengenai kulinernya.

Meskipun bukan ahli kuliner handal tetapi saya cukup tertarik untuk menelusuri makanan makanan lezat disana. Dan akhirnya saya memustuskan untuk pergi kesana 3 minggu yang lalu, so check this out!

Banmian
Kebetulan saya bersama teman saya stay di daerah Geylang…… Hmmm tau sendiri kan ini adalah red districtnya singapur, atau buat yang ga ngerti, Geylang ini adalah “MABES”nya singapura lah! Hihihi…. Ada pengalaman unik disana namun saat ini saya tidak akan membahas itu sekarang.

Nahh singkat cerita saya menemukan salah satu rumah makan banmian yg enak dan murah disini. Buat yang gatau apa itu banmian, banmian adalah makanan sejenis mi yang bertekstur lebar  (klo disini mirip kewtiau) khas Hokkien. Biasanya banyak terdapat di negara-negara yang memiliki populasi chinese Hokkien terbanyak, salah satunya adalah Singapura dan Malaysia.


Di sebuah rumah makan di lorong 25 Geylang (klo ga salah :p) inilah saya memesan seporsi Pork Belly Banmian seharga $4.50. Harga ini cukup murah bila dibandingkan dengan kelezatan dan porsi dari Pork Belly Banmian ini.

Di sajikan dengan semangkuk besar berkuah yang didalamnya tedapat potongan-potongan daging pork yg cukup besar dan banyak, telur setengah mentah, sayuran segar serta taburan ikan-ikan teri goreng kecil kecil yang nikmat banget. Mangstab! Dari skala 1-10, ini dapat 8! Lain kali saya ingin mencoba yg versi tak berkuahnya.

Oyster Egg Khas Singapura
Mungkin makanan yang satu ini sudah cukup terkenal ya buat orang Indonesia. Oyster egg khas singapur ini terkenal di daerah Telok Ayer lebih tepatnya di Lau Pa Sat atau Telok Ayer Market. Tempat ini cukup unik karena sebuah food court yang memiliki jam raksasa di atasnya. Lumayan mengagumi arsirektur di Singapur.


Suasana di Lau Pa Sat alias Telok Ayer Market
Oyster Egg segar
Anyway, akhirnya saya dan teman saya langsung mencicipi oyster egg yg terkenal itu disini. Oyster egg sendiri terdiri dari sepiring potongan daging kerang yg sedikit mentah, telur orak-arik, (omelet) bawang merah dan sambal yang sedikit asam!


Jujur saya tidak terlalu oh mungkin tidak suka makanan yg mentah atau sedikit mentah. Jadi saya tidak terlalu suka daging oysternya, kalau pun memakannya saya campur dengan omelet telur. Hmmm… Skala 1-10….. 6 hahaha…

Laksa




Nah ini nih makanan legendaris di Singapura.... Laksa! Yap Laksa adalah makanan peranakan yg cukup terkenal di dunia kuliner. Meskipun di Malaysia juga ada namun Laksa Singapura lah yg paling terkenal terutama Katong Laksa. Sayangnya saya dan teman saya hanya mencicipinya di foodcourt mall Vivo City. Yah yg penting kami bisa mencicipi Laksa khas Singapura ini!

Jadi Laksa itu terdiri dari sebuah mi berukuran lebar yg bersalut kuah santan kental nan pedas mirip santan masakan padang atau mirip mirip juga sama kuah Tongseng. Jadi sebenernya cukup familiar buat lidah orang Indonesia. Agak unik, mirip makan kwetiaw yg berkuah santan nan pedas! Hahaha... Laksa ini juga biasanya dilengkapi dengan sayur2an, daging serta telur rebus. Ga salah disebut sebagai makanan peranakan.

Chicken Salted Egg


Jika berkunjung ke gedung perbelanjaan Sim Lim Square, wajib banget nyobain Chicken Salted Egg khas Singapura ini. Sepiring nasi dengan ayam goreng mentega dicampur telur yg sedikit gurih dan manis. Saya lupa nama restorannya tetapi ini cukup terkenal dan mayoritas pelanggannya adalah orang-orang kantoran yg lgi break makan siang. Porsinya besar meski cukup mahal tetapi worth it untuk dicobain kok.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Kamera dan Ransel

Powered by Blogger.