Monday, July 11, 2016

#Jakartasepi Taman Mangrove PIK


Guys, #Jakartasepi kali ini tentang Taman Wisata Alam Pantai Indah Kapuk alias Taman Mangrove PIK. Sebenernya tempat ini udah cukup lama ada di Jakarta namun baru ngetrennya 1-2 tahun ini karena banyak orang yg foto-foto pre-wedding disini. Di momen lebaran dan sepinya Jakarta, saya sama keluarga mencoba jalan-jalan ke tempat ini, karena jarang-jarang banget jalan bareng.

Saya sebelumnya pernah nyobain taman mangrove yg satu lagi yg lokasinya ga jauh yaitu Kawasan Ekowisata Mangrove Tol Sedyatmo yg ternyata bener-bener ga worth it untuk dikunjungi! Udah kotor, ga bagus pula untuk dijadikan tempat jalan-jalan dan kongkow karena bau. Buat foto2? Lebih parah lagi....

Tapi kali ini banyak yg menjanjikan "layak" untuk didatangi. Saya pun pergi dengan perasaan yg cukup senang karena udah liat2 foto2nya dan sekilas sih bagus. Sesampainya disana ternyata pengunjungnya cukup banyak agak diluar ekspektasi sihh.. Dengan dikenai HTM IDR 25,000 per orang kita sudah bisa masuk, cukup mahal sih untuk ukuran taman wisata alam, ya udah lah mungkin karena ini Jakarta sob!

Ternyata taman mangrove ini cukup bagus dan tertata rapi. Ada food court dengan kapasitas sedang untuk makan dan yg penting nih. Toilet, ya disini banyak bertebaran di area seluas 15 Ha ini. Tak jauh dari sana ada penginapan berupa cottage kayu yg bentuknya unik serta panggung yg kayaknya bisa disewain gitu. Keren sih pengen kapan gitu nyobain nginep disini :p

Nah yg kali ini yg cukup seru nih, yaitu wisata airnya. Disediakan sebuah dermaga dengan penyewaan perahu baik yg dayung maupun yg memakai mesin. Jika mau sewa perahu dayung biayanya 100,000 rupiah sedangkan pakai motor ada yg 300,000 hingga 400,000 tergantung kapasitas penumpangnya. Sekilas cukup mahal ya tapi sebenernya worth it karena kalau naik perahu dayung kita dibebaskan waktunya asal tidak melewati daerah2 yg dilarang. Sedangkan naik motor lebih cepat, ada pengemudi yg merangkap guide dan mengelilingi area mangrove ini dari ujung ke ujung. Cukup seru!





Pemandangan sunset di pantai yg penuh dengan kehijauan yg jarang ada di Jakarta

Pantai yg langsung menghadap ke pulau reklamasi


"Kandang" perahu



Cottage penginapan yg lucu dan unik
Liburan singkat yg menyenangkan, cocok buat kamu yg ingin refreshing singkat namun dekat di Jakarta. Sayang sekali ada satu kekurangan menurut saya di tempat ini yaitu dikenakannya biaya yg cukup tinggi jika kita mempergunakan kamera DSLR dan sejenisnya kecuali smartphone, meskipun bukan untuk kepentingan komersil. Petugas memang tidak memeriksa barang bawaan kita namun bila ketahuan membawa kamera tanpa membayar dendanya akan 2x lipat!

Mau tidak mau foto2 saya diatas semuanya memakai jepretan kamera smartphone, agak mengesalkan memang namun setelah dipikirkan lagi mungkin pemilik taman wisata ini "takut" tempat ini nantinya akan jadi area foto2 yg tidak teratur dan menghilangkan hakekat tempat ini sebagai tempat wisata alam.

Menjadi pelajaran juga buat para traveler yg suka membawa kamera dalam perjalanannya untuk memilih smartphone dengan spesifikasi kamera yg memumpuni karena tidak semua tempat wisata di Indonesia "ramah" terhadap kamera. So cheers! See you in next destination!
Share:

0 comments:

Post a Comment

Kamera dan Ransel

Powered by Blogger.