Monday, August 1, 2016

Tips Mengamankan Barang di Bagasi Pesawat


Beberapa bulan yang lalu saya sering mendengar berita adanya kebobolan barang bawaan penumpang di dalam bagasi pesawat. Ada yang cuma "dibolongin" tapi isinya aman tetapi ada pula yang harus mnderita kerugian karena ada barang berharga yang hilang. Bahkan kasus ini banyak terjadi di bandara Soekarno-Hatta! Yang notabene bandara yang cukup bergengsi dan ketat pengamanannya. 

Setelah pihak keamanan dari Polres Bandara Soekarno Hatta menangkap sejumlah orang pelaku yang adalah seorang porter, banyak dugaan-dugaan yang berkembang di masyarakat mulai dari adanya "orang dalam" airlines yang "bermain" dan sebagainya dan sebagainya. Namun sekarang saya tidak ingin membahas hal tersebut, saya memiliki beberapa tips yang mungkin berguna bagi para traveler yang sering bepergian naik pesawat menggunakan bagasi. Here we go!

1. Pengamanan koper maupun tas anda
Ini precaution, bahwa lebih baik anda selalu melindungi tas dan koper dengan pengamanan ekstra. Banyak koper-koper dan tas travel yang memiliki sistem pengaman seperti digit code number atau yang berupa gembok angka yang terpasang di risleting tas. Selalu pastikan semua tas terkunci sebelum naik di bagasi.



2. Gunakan jasa wrapping koper
Saya yakin poin pertama mudah dibobol bagi para penjahat yang memang sudah niat mau mencuri, karena segala macam cara dan alat akan mereka pakai. Langkah kedua adalah gunakan jasa wrapping tas yang banyak bertebaran di area check in. Dengan biaya IDR 50,000 (tentatif) koper anda akan dibungkus (wrap) dengan bahan plastik yang cukup tebal berlipat-lipat hingga memungkinkan aman bila ada penjahat yang berniat memotong koper anda. Mungkin bagi sebagian orang cukup mahal mengeluarkan uang 50,000 hanya untuk membungkus tasnya tetapi dibandingkan dengan keamanannya dari tangan-tangan yang tdiak bertanggung jawab?

3. Pakai pengamanan tambahan di dalam tas
Mungkin ini alternatif bagi yang masih kurang yakin. Dibagian dalam koper aatu tas anda dapat dipasangkan berupa "ganjelan" dari potongan kardus dan busa sehingga memberikan perlindungan bagi barang-barang di dalam.


4. Jangan menyimpan barang berharga di bagasi!
Ini himbauan yang paling penting. Usahakan lah jangan menyimpan benda-benda berharga seperti laptop, perhiasan, kamera dan barang berharga lainnya di tas anda yang ada di bagasi. Mencegah lebih baik dari pada "mengobati".

5. Simpan barang di kabin pesawat
In case jika koper dan bawaan anda tidak terlalu berat. Saya rasa bisa dibawa saja ke kabin pesawat, selain lebih aman karena kita yang awasi juga hemat uang untuk biaya bagasi kan.

Melihat kondisi keamanan bandara di Indonesia yang cukup rawan, ada baiknya kita berhati-hati. Kejahatan bisa terjadi pada profesi apa saja, seperti bang napi bilang "Kejahatan sering kali terjadi bukan karena ada niat dari sang pelaku melainkan karena ada kesempatan!"

Share:

0 comments:

Post a Comment

Kamera dan Ransel

Powered by Blogger.