Wednesday, December 14, 2016

Leuwi Hejo, Natural Secret Pool


Mencari destinasi petualangan yang seru dan menantang sebenarnya gak perlu jauh-jauh. Tak selalu dibutuhkan tiket pesawat atau kereta yang mahal untuk menjangkau sebuah destinasi menarik, kadang kala destinasi itu ada di dekat kita. Itulah kira-kira yang saya rasakan ketika ada kesempatan traveling ke Leuwi Hejo, desa Karang Tengah, Babakan Madang, kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Leuwi Hejo sendiri adalah sebuah air terjun mini yang merupakan hulu sungai Cileungsi. Berbentuk seperti sungai beraliran deras (jeram) yang memiliki beberapa kolam kecil berair jernih dan memiliki kedalaman 3,5-4 meter lebih. Leuwi Hejo juga terletak di area perbukitan dan hutan yang memiliki vegetasi yang cukup rapat. Di sekitar aliran Leuwi banyak terdapat batu-batuan besar yang terkadang tingginya mencapai 6-7 meter. Mirip-mirip dengan Green Canyon di Pangandaran dan Goa Pindul di Yogyakarta.


Satu hal yang menarik adalah traveler bisa berenang sambil trekking disini karena jalurnya cukup lumayan buat yang jarang naik gunung. Ketika masuk area Leuwi Hejo otoritas setempat juga menyediakan area parkir untuk mobil dan motor yang cukup luas. Selain banyak warung yang menjual makanan, bahkan disini juga menyewakan tempat untuk menginap lho!


Saat saya datang hari sabtu kemarin pengunjung lumayan banyak. Memang bertepatan dengan long weekend hari raya. Oh iya satu hal lagi, di dalam area Leuwi Hejo sebenarnya terdiri dari banyak tempat yaitu : Curug Barong, Leuwi Liek dan leuwi Cepet. Masing-masing leuwi memiliki kolam alami yang jernih dan dalam. Leuwi Hejo cocok untuk kita yang ingin berwisata di akhir pekan.


Menuju Lokasi



Akses menuju Leuwi Hejo amat gampang di jangkau. Jika anda berkendara dari arah Jakarta menaiki mobil maka anda masuk melalui tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Sentul selatan (Sentul City). Dari Sentul City anda bisa menuju ke arah theme park Jungle land. Persis didekat pintu masuk Jungle Land anda bisa masuk ke sebuah jalan kecil di sebelah kanan yang menghubungkan dengan desa Babakan Madang ke desa Karang Tengah. Leuwi Hejo juga bisa diakses di aplikasi Wazze maupun Google Maps.

Tips di Leuwi Hejo

1. Harga parkir area Leuwi Hejo adalah Rp 15,000,- untuk mobil dan Rp 5,000,- untuk motor
2. Biaya diatas belum termasuk harga masuk per orang Rp 15,000,-. Belum lagi di setiap spot yang ada yaitu Leuwi Hejo, Curug Barong, Leuwi Liek dan Leuwi Cepet dikenakan tarif partisipatif Rp5,000/orang. (Leuwi cepet dan Liek jadi satu) Dari pada repot, pengelola menyiapkan alternatif berupa paket Rp25,000/orang sebagai "free pass ticket".
3. Jangan datang pas musim hujan! Atau sehabis hujan karena medan menjadi licin dan berbahaya
4. Jangan datang saat long weekend atau hari raya kalau mau siap tidak dapat parkir dan berdesak-desakan saat berenang.
5. Sebaiknya jangan bawa anak kecil, karena cukup berbahaya medannya.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Kamera dan Ransel

Powered by Blogger.