Tuesday, July 26, 2016

One of the Gorgeous Waterfall ever! #JelajahSukabumi


Indonesia adalah negeri seribu gunung berapi. Ratusan bahkan ribuan gunung berapi mengelilingi zamrud khatulistiwa ini. Ring of Fire istilah kerennya. Setiap pulau di Indonesia pasti ada gunung berapi baik aktif maupun pasif atau sudah mati. Tapi, menurut saya ada "gelar" lain lagi yg patut disematkan pada bahu ibu pertiwi ini. Yaitu negeri seribu air terjun!

Ya pendapat saya tidaklah muluk kok. Bayangkan sejauh yg saya tahu setiap pulau dan provinsi terdapat fenomena alam unik ini. Tak hanya itu, baik bentuk, tinggi, nama maupun letaknya amat beragam dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah di Jawa Barat. Air terjun yg dalam bahasa Sunda adalah Curug ternyata bertebaran di seluruh provinsi ini. Curug yg ada di Jawa barat itu jumlahnya bisa ratusan, baik yg terpencil maupun yg dekat pemukiman warga.

Ini pula yg kami temukan di area Sukabumi selatan tepatnya di dekat pantai Ujung Genteng. Curug Cigangsa namanya. Akses jalan kesana ga rumit, melalui jalanan aspal halus di perkampungan. Sekitar 1 jam saja jika menggunakan GPS macam Google Maps atau Wazze dari pantai Ujung Genteng dengan catatan tidak macet. Kemudian tibalah kami disebuah desa dan terdapat sebuah palang "Tempat Wisata Muslim". Disini kami masih bingung kenapa air terjun ini dikatakan sebagai tempat wisata rohani. Di desa itu seorang warga mengatakan bahwa kami harus parkir di tempat yg ditentukan dan bayar sama warga setempat.


Kami turun berjalan kaki ke lokasi sekitar 25 menitan atau 150m dari tempat kami parkir. Disini ini kami menemukan pemandangan yg indah berupa sawah-sawah warga sekitar. Udara yg cerah siang itu membuat naluri ingin memotret saya semakin deras. Hamparan sawah-sawah di pinggiran sungai ini betul-betul indah.


Jalannya cukup jauh dan menanjak, bagi yg jarang olah raga siap-siap deh ngos-ngosan disini hahaha... Tapi udara yg seger banget ini membuat saya dan teman-teman ga sadar udah keringetan aja. Apalagi saya lagi sibuk motret-motret pemandangan :) Satu hal yg cukup menyentak saya adalah areal sawah di dekat bukit ini membentuk Terasering-terasering y mirip dengan di Ubud dan Tegalalang, Bali. Jadi bagi yg mau lihat/motret Terasering tapi ga ada kesempatan ke Bali bisa nih kesini! :D

Terasering ala Sukabumi

Tidak beberapa lama kami menyusuri sawah dan sungai, kami pun diperhadapkan dengan pemandangan yg cukup menakjubkan. Ya, ternyata kami sampai di ujung sungai which is sebuah jurang atau atas air terjun itu! Gokil, baru kali ini saya datang dari bagian atas sebuah air terjun. Jalanan pun menjadi menurun dan cukup terjal dan licin. Agak berbahaya karena minim sekali pengaman berupa pegangan.




Setelah menuruni bukit yg cukup curam dan licin, munculah didepan mata kami sebuah pemandangan yg luar biasa menurut saya. Air terjun dengan bentuk yg unik, terdapat batuan karang raksasa yg mirip dengan struktur sebuah candi. (ngasal wkwk..) Tak hanya itu, air terjun ini juga sangat lebar dari rata-rata air terjun pada umumnya. Kondisi saat itu sepi pengunjung bahkan cuma kami yg ada disana.


Sungguh ini adalah air terjun terkeren yg pernah saya lihat di hidup saya. Bentuk karang-karangnya itu mirip seperti sebuah candi yg di aliri oleh air terjun. Apik. Warbyasah. Ternyata disebelah kiri kami terdapat jurang bebatuan tinggi yg ternyata adalah air terjun lagi! Kami di tengah-tengah antara dua air terjun!





Breathtaking, benar-benar pemandangan yg menakjubkan. Serasa di zaman Jurassic hahaha. Setelah puas sejam lebih foto-foto kami akhirnya "terpaksa" berpisah dengan air terjun kece ini karen mau melanjutkan perjalanan menunju Bandung. Goodbye Curug Cigangsa. Sukabumi benar-benar memiliki alam yg indah! Gorgeous!
Share:

0 comments:

Post a Comment

Kamera dan Ransel

Powered by Blogger.