Wednesday, January 20, 2016

Panen Rumput Laut di Nusa Lembongan


Ketika mengunjungi Pulau Nusa Lembongan di Bali, saya saat itu mengunjungi sebuah tempat “pertanian” rumput laut yang terkenal disana sebagai paket dari perjalanan yang saya ikuti. Di pulau yang luasnya kurang lebih 8 km2 ini tampaknya cukup bergantung dengan pariwisata dan salah satunya adalah pembudidayaan rumput laut ini.
Rumput laut yang dijemur

Desa Petani Rumput Laut

Seorang ibu tua yang sedang menjemur rumput laut

Dari tepi tebing yang mengarah ke pantai kami diperlihatkan sebuah pemandangan yang luar biasa yaitu tempat budidaya rumput laut di perairan sedang. Area yang cukup luas di tengah laut ini dapat memproduksi cukup banyak rumput laut.

Inilah "ladang" pertanian rumput lautnya

Setiap areanya ditandai dengan perahu-perahu yang tertambat oleh pemiliknya, sekilas terlihat seperti kumpulan perahu yang hendak melaut. Pemandangan yang priceless!!

Kumpulan perahu para petani rumput laut

Untuk bisa datang ke pulau ini bisa ditempuh dengan beberapa cara, yaitu dengan mereservasi speed boat dari pelabuhan seperti di Sanur dan Tanjung Benoa. Atau mengikuti cruise yang juga menawarkan paket wisata keliling Nusa Lembongan.

Di sekitar desa Lembongan kita akan mendapati suasana desa nelayan yang relative sepi dan berbeda denga Bali daratan. Ada beberapa cottage dan bungalow serta resort bagi yang tertarik menginap disini.

Tips: Ada banyak kapal dengan akeses yang berbeda-beda. Jika ingin murah bisa menggunakan public boat yang harganya bervariasi mulai dari IDR 100,000 sampai IDR 400,000.

Paket menggunakan cruise bermacam-macam mulai dari cukup terkenal seperti Bali Hai Cruise, Bali Bounty Cruise, Ocean Star Express, Rocky Fast Cruises dll. Semuanya rata-rata menawarkan paket perjalanan dengan water activity dan games di laut seperti diving, snorkeling, dan banana boat.

Cottage dan bungalow di Lembongan harganya tidak jauh berbeda dengan di Bali daratan (IDR 100,000 – IDR 1,000,000) dan cukup sepi suasanannya. Penerangan pun juga sepertinya sedikit, jika ingin mencari suasana alami pedesaan Bali, menginap disini adalah salah satu alternatif

More pictures :

Areal pertanian rumput laut

Pantai di desa Lembongan




Share:

0 comments:

Post a Comment

Kamera dan Ransel

Powered by Blogger.